Jumat, 16 Mei 2014


A. SISTEM PELUMASAN
            Tujuan utama pelumasan adalah untuk mencegah kontak langsung dua bagian yaang bergesek.
  1. Kegunaan
Adapun kegunaan dari sistem pelumasan adalah :
 1.  Memperkecil gesekan sehingga    memperkecil keausan              
 2.  Mendinginkan komponen dengan cara menghayutkan panas.
 3.  Sebagai perapat dari bidang-bidang rongga-rongga
 4.  Sebagai pembersih antara ring piston  dengan dinding silinder

 

 


     1. Memperkecil gesekan                                                                2. Mendinginkan komponen


 



 3. Sebagai perapat                                                                                         4.  Sebagai pembersih
Gambar Kegunaan pelumas.


2.Macam- macam sistem pelumasan
Macam sistem pelumasan terbagi menjadi :
1). Pelumasan campuran.
2)  Pelumasan tekan

1. Pelumasan campuran

 



Gambar Pelumasan Campuran.                                                     

Digunakan pada : Kebanyakan motor 2 Tak  misalnya. : Vespa, Yamaha, Suzuki
Sifat-sifat yang menonjol.
·        Harus menggunakan oli baru
·        Timbul polusi dari gas buang
·        Pemakaian oli boros
·        Perbandingan oli 2 ÷ 4 %, dari bensin ( menurut spesifikasi pabrik )
·        Hanya untuk motor 2 T


Keterangan gambar
1.      Karter
2.      Saringan pompa
3.      Pompa oli
4.      Katup pelepas
5.      Saringan halus
6.      Katup by-pass
7.      Sakelar tekan
8.      pemakai
 
2. Pelumasan panci sirkuit tekan





Gambar Pelumasan Pompa..                                                     
Sifat-sifat yang menonjol
·        Pelumasan teratur dan merata
·        Digunakan pada motor 4Tak  

B.SISTEM PENDINGIN


 Kegunaan pendinginan
·           Menyarap panas pada bagian-bagian motor sehingga mengurangi keausan dan kerusakan.
·           Untuk mendapatkan temperatur kerja motor yang tepat dan merata
 Macam-macam sistem pendingi
1). Pendinginan udara


Gambar Pendingin udara
                                                   
Cara kerja
Panas yang ditimbulkan oleh motor dipindahkan ke udara luar. Untuk meningkatkan efisiensi pendinginan permukaan bidang pendinginan diperluas dengan sirip-sirip.
Digunakan pada
·        Kebanyakan sepeda motor, motor-motor unit kecil.
·        Mesin VW lama, Deutch Diesel.
Sifat-sifat yang menonjol
·        Konstruksi sederhana
·        Suara motor keras akibat getaran sirip-sirip
·        Pendinginan tidak merata
·        Jarang ada gangguan

2). Pendinginan air sirkuit pompa


Gambar Pendingin Air.                                                     

1.      Air pada rongga-rongga blok motor dan kepala silinder menyerap panas motor
2.      Air pendingin yang panas disalurkan ke radiator melalui slang bagian atas
3.      Radiator memindahkan panas ke udara luar
4.      Kipas menjamin aliran udara yang melewati radiator
5.      Air pendingin kembali ke motor melalui slang bagian bawah
6.      Pompa air membangkitkan sirkulasi air
7.      Termostat mengatur aliran air ke radiator agar temperatur motor tetap ( » 80°C )
Sifat-sifat yang menonjol
·        Pendinginan lebih merata dibanding pendingin dengan udara
·        Temperatur kerja motor tetap
·        Gangguan lebih sering terjadi dan kemungkinannya lebih banyak ( seperti : bocor, pompa air rusak, dsb ).



Sumber : MOTOR BAKAR 13 - BUGIS
Posted by sabiq On 00.02 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube

Time

Visitor

Flag Counter

Fans Page

    Chelsea FC

    Berita Terkini

    « »
    « »
    « »
    Get this widget

    Pengikut