A. SISTEM
PELUMASAN
Tujuan utama pelumasan adalah untuk mencegah kontak langsung dua bagian
yaang bergesek.
- Kegunaan
Adapun kegunaan dari sistem pelumasan adalah :
1. Memperkecil gesekan sehingga memperkecil keausan
2. Mendinginkan komponen dengan cara menghayutkan
panas.
3. Sebagai perapat dari
bidang-bidang rongga-rongga
4. Sebagai pembersih antara ring piston dengan dinding silinder
1. Memperkecil
gesekan
2. Mendinginkan komponen
3. Sebagai perapat 4. Sebagai pembersih
Gambar Kegunaan pelumas.
2.Macam- macam sistem pelumasan
Macam sistem pelumasan terbagi menjadi :
1). Pelumasan campuran.
2)
Pelumasan tekan
1.
Pelumasan campuran
Gambar Pelumasan
Campuran.
Digunakan pada : Kebanyakan motor 2 Tak misalnya. : Vespa,
Yamaha, Suzuki
Sifat-sifat
yang menonjol.
·
Harus menggunakan oli baru
·
Timbul polusi dari gas buang
·
Pemakaian oli boros
·
Perbandingan oli 2 ÷ 4 %, dari bensin (
menurut spesifikasi pabrik )
·
Hanya untuk motor 2 T
|
2. Pelumasan panci sirkuit tekan
Gambar Pelumasan
Pompa..
Sifat-sifat
yang menonjol
·
Pelumasan teratur dan merata
·
Digunakan pada motor 4Tak
B.SISTEM PENDINGIN
Kegunaan pendinginan
·
Menyarap
panas pada bagian-bagian motor sehingga mengurangi keausan dan kerusakan.
·
Untuk
mendapatkan temperatur kerja motor yang tepat dan merata
Macam-macam sistem pendingi
1). Pendinginan
udara
Gambar Pendingin udara
Cara kerja
Panas yang ditimbulkan oleh motor dipindahkan ke udara luar. Untuk
meningkatkan efisiensi pendinginan permukaan bidang pendinginan diperluas
dengan sirip-sirip.
Digunakan pada
·
Kebanyakan
sepeda motor, motor-motor unit kecil.
·
Mesin VW lama, Deutch
Diesel.
Sifat-sifat
yang menonjol
·
Konstruksi sederhana
·
Suara
motor keras akibat getaran sirip-sirip
·
Pendinginan tidak merata
·
Jarang ada gangguan
2). Pendinginan air sirkuit pompa
Gambar Pendingin
Air.
1.
Air pada rongga-rongga blok
motor dan kepala silinder menyerap panas motor
2.
Air pendingin yang panas
disalurkan ke radiator melalui slang bagian atas
3. Radiator memindahkan panas ke udara luar
4. Kipas menjamin aliran udara yang melewati
radiator
5.
Air pendingin kembali ke motor
melalui slang bagian bawah
6.
Pompa air membangkitkan
sirkulasi air
7. Termostat mengatur aliran air ke radiator
agar temperatur motor tetap ( » 80°C )
Sifat-sifat
yang menonjol
·
Pendinginan lebih merata
dibanding pendingin dengan udara
·
Temperatur kerja motor tetap
·
Gangguan lebih sering terjadi
dan kemungkinannya lebih banyak ( seperti : bocor, pompa air rusak, dsb ).
Sumber : MOTOR BAKAR 13 - BUGIS














0 komentar:
Posting Komentar